Perbedaan Jin dan Manusia

Penampakan UFO

Penampakan UFO

Dalam konsep berbagai kitab suci agama samawi (agama langit), dikenal makhluk yang bernama Jin dan Manusia. ke- 2 nama ini ditujukan untuk penyebutan 2 jenis makhluk Allah, yaitu makhluk yang bernama manusia (al-Insan / An-Nas) dan dan makhluk yang bernama Jin (al-Jin).

Berdasarkan bahan penciptaan, kedua jenis makhluk ini diciptakan dari unsur yang berbeda. Menurut kitab suci al-Qur`an, Manusia diciptakan dari unsur tanah, sedangkan Jin diciptakan dari unsur api. Artinya, kedua jenis makhluk ini diciptakan dari bahan yang berbeda dan tentunya akan membentuk tampakan fisik yang berbeda pula, Manusia tampak dengan fisik kasar dan Jin tampak dengan fisik halus (selanjutnya disebut sebagai makhluk halus atau makhluk gaib). Walaupun berbeda secara fisik, kedua jenis makhluk Allah ini, Manusia dan Jin dapat berinteraksi saling melihat, saling menyapa, saling berkomunikasi, saling tolong menolong, saling memberikan kabar berita,  antara satu dengan lainnya dengan cara tertentu dan hanya berlaku kepada manusia tertentu (selanjutnya disebut kemampuan indra keenam  Manusia) dan Jin tertentu pula yang memang mau berinteraksi dengan Manusia.

Berdasarkan tujuan penciptaan, Allah menciptakan kedua jenis makhluk ini dengan tujuan yang sama yaitu sama-sama diciptakan untuk mengabdi (beribadah) kepada Allah. Keduanya akan mendapatkan pahala nikmat jika beribadah (mengabdi) dan juga akan mendapatkan dosa azab jika ingkar (tidak mengabdi) kepada Allah. Mengabdi artinya mengikuti dan menjalankan seluruh yang diperintahkan Allah dan meninggalkan seluruh yang dilarang Allah.

Berdasarkan kesempurnaan ciptaan, Al-Qur`an (surah at-tin) menjelaskan kalau sesungguhnya Manusia telah diciptakan Allah sebagai makhluk yang paling sempurna di antara seluruh makhluk. Artinya manusia lebih sempurna daripada Jin dan makhluk lainnya. Menurut penafsiran, letak kesempurnaan manusia adalah akalnya, ada juga yang mengatakan adalah akhlaknya. Jika mengacu pada surah at-tin, bahkan manusia bisa lebih rendah dari pada makhluk yang diberi nama binatang apabila dia tidak beriman. Maka kesempurnaan manusia boleh juga dikatakan adalah iman dalam qalbunya.

Perbedaan lainnya antara Manusia dan Jin adalah, Allah memuliakan manusia dengan menjadikan Nabi dan Rasul yang diangkat dari golongan makhluk yang bernama manusia bukan dari golongan makhluk yang bernama Jin ataupun makhluk lainnya. Nabi dan Rasul adalah manusia pilihan yang dipilih oleh Allah untuk menyampaikan ajaran-ajaran wahyu-Nya kepada seluruh manusia. Wahyu Allah ini selanjutnya ditulis dalam bentuk kitab suci seperti: Al-Quran, Jabur, Injil, dan Taurat. Juga ada yang ditulis dalam bentuk lembaran ayat suci.

Selanjutnya, bagimana dengan Jin untuk mengetahui ajaran Wahyu Allah sebab tidak ada Nabi atau Rasul dari golongan mereka. Dalam  hal ini, para Jin berbaiat dan mengikuti petunjuk ajaran wahyu yang dibawa oleh para Nabi dan Rasul terakhir pada masanya. Contoh kisah adalah  sekelompok Jin yang mendatangi Rasulullah dan mendengarkan wahyu yang disampaikan oleh Rasulullah. Kemudian sekelompok Jin ini berbaiat kepada Nabi dengan bersyadat menyatakan diri beriman bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah dan tiada tuhan selain Allah. (Silahkan baca pelajaran kisahnya dalam al-Qur`an surah al-Jin).

Penutup. Manusia lebih sempurna dari pada Jin, namun begitu mansusia dan jin dimungkinkan dapat berinteraksi antara satu dan lainnya dengan cara tertentu. Selain itu, baik manusia maupun jin diciptakan tidak lain hanya untuk beribadah mengabdi kepada Allah Subhanahu Wa ta`ala.

Wallahu `Alam.

Paranormal  Related Searches:
Fenomena Makhluk Halus Mengendarai Pesawat | Indra keenam dan  Makhluk Gaib |

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Fenomena Alam Gaib dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Perbedaan Jin dan Manusia

  1. Networked Blogs berkata:

    Info menarik……ada nggak ya manusia yang menjadi JIN atau JIN menjadi manusia atau Betul nggak ya MANUSIA kawin dengan JIN ?

  2. Artikel yang dahsyat,Boss….saya suka..mhn mampir ke blog saya dan mohon koreksi kalau ada kekurangan di sana-sini..maklum masih newbie.trims.Wass.

  3. BYA GEGER berkata:

    Assslkum,wr,wb
    saya sangat kagum dengan cerita jin dan manusia, karna saya pernah dipermainkan orang yang bekerja sama dengan jin, “dasar jin..kerjanya hanya ngerjain orang agar mengikuti mereka keneraka…
    jahanam kau jiiiin………..

    • Wa alaikum Salam sahabat…KU

      Waspada jangan sampai anda memfitnah Jin, sebab di antara mereka ada yg kualitas ibadahnya jauh lebih baik dari anda….Selain itu, JIKA IBLIS DAN SETAN BOLEH ANDA UMPAT.…diajarkan oleh Islam dengan kalimat: `Auzubillahi Minasy-Syaithonirrojim” artinya: Aku berlindung kepada Allah dari Godaan Setan yang terkutuk.

      al-Fitnatu Asyaddu Minal Qatli” artinya Fitnah itu lebih kejam dari pada pembunuhan. Jika anda tidak menyaksikan langsung suatu peristiwa atau anda awam tentang hal tersebut, janganlah anda menambah berita atau menjadikan diri anda persaksian palsu, Karena bisa jadi JIN yang anda fitnah akan masuk surga dan Anda akan masuk neraka sebab fitnah anda….

      Jadilah manusia yang Rahmatalli `Alamin…
      Sukses selalu…
      Terima Kasih atas info pengalamannya….

  4. hasni sofyan berkata:

    mungkin mas BYA GEGER pernah ingin bersahabat jin melalui perantara Paranormal, tapi ketemu sama oknum dan Jin-nya jahat, sehingga keluar perkataan demikian. Saya sependapat dengan mas DUNIA LAIN, jangan karena kita adalah manusia, khalifah di muka bumi sehingga mereka merasa lebih baik dari makhluk lain. Ingat manusia diberi akal dan nafsu dan yang apabila digunakan secara salah, maka akan lebih jahat dari binatang sekalipun. Seperti pepatah “seganas-ganas macan tidak ada yang makan anaknya sendiri” tapi kalau manusia?belum lahir udah dimati’in duluan?dasar makhluk bejat dan terkutuk,ngakunya paling mulia dari makhluk lain?BAH….

  5. muriman berkata:

    subanauloh…….? sungguh besar kuasa ALLAH SWT.

  6. fadillah zulfathani berkata:

    saya fadillah zulfathani di sampit kalteng, saya mencari guru spiritual yang mau mengangkat saya sebagai murid secara ikhlas. mhon infonya 085739666563

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s